welcome ^^

hello, welcome to my blog ^^
this my story and everything i like
enjoyed... \^0^/
Feeds RSS
Feeds RSS

Friday, August 27, 2010

BENTUK MANIFESTASI MODAL SOSIAL

1. Mutual Support
Bentuk manifestasi modal sosial yang terjadi bila dua orang atau lebih berinteraRata Penuhksi secara timbal balik dalam bentuk saling mendukung atau membantu satu sama lain guna mencapai tujuan-tujuan individual dalam cara-cara kebersamaan.
Contoh : Terjadi musibah kebakaran pada suatu kelurahan dan ada enam rumah yang terbakar, kemudian pemerintah memberikan bantuan untuk membangun kembali rumah-rumah mereka. Selanjutnya keenam keluarga yang rumahnya terbakar saling membantu membangun rumah-rumah mereka yang terbakar satu persatu dimulai dari rumah yang kerusakannya paling parah. Ini pernah terjadi di daerah tempat tinggal saya

2. Resources Pool
Proses penggabungan sumber daya individual untuk mencapai tujuan-tujuan individual dalam proses kebersamaan.
Contoh : arisan,

Di daerah saya (Makassar, Kelurahan Banta-Bantaeng) ada sebuah program yang dijalankan oleh warga sekitarnya yag berhubungan dengan pengurusan jenazah. Di daerah saya ini seluruh warga didaftarkan menjadi anggota SINOMAN (Simpanan Orang Meninggal) sehingga ketika ada seorang warga yang meninggal maka tiap-tiap kepala keluarga akan menyumbang Rp 5.000,- untuk membantu pengurusan jenazah. Kemudian terus berlanjut, jika ada warga lain yang meninggal maka warga tersebut lagi yang kemudian diberikan sumbangan Rp 5,000 oleh warga yang melayat. Hal ini terus berkesinambungan dan terus berlanjut.

3. Asset Management Collectivity
Sebuah komunitas pengelolaan asset-asset tertentu secara kolektif dimana keputusan atas pengusahaan dan pemanfaatan asset tersebut ditetapkan secara kolektif.
Contoh : masjid atau sarana ibadah lainnya yang merupakan suatu peninggalan sejarah yang digunakan, dirawat dan dilestarikan secara bersama-sama oleh suatu lingkungan masyarakat sebagai bagian dari tradisi dan adapt istiadat turun temurun pada lingkungan tersebut. Misalnya pada Masjid Agung Demak.

4. Resources Management for Surplus
Sejumlah individu bersepakat mengumpulkan sumber daya masing-masing untuk dikelola secara kolektif bekerja secara profesional mendorong terciptanya keuntungan (surplus) dari pengeloaan sumber daya yang dikumpulkan tadi, dimana dibagikan kepada anggota sesuai kontribusinya.
Contoh : partai politik


5. Local Self Governance
Keadaan dimana sejumlah orang bersatu padu dalam norma kebersamaan mencapai tujuan-tujuan bersama dengan cara-cara bersama.
Contoh : di beberapa daerah pedesaan dimana warganya membangun pos siskamling didasarkan atas keamanan seluruh warga sesuai dengan anjuran pemerintahnya kemudian pos tersebut dibangun secara bersama-sama oleh warga.


(berdasarkan penjelasan Prof Darmawan Salman)

No comments:

Post a Comment

please your comment.... thanks

do something !!

Sebelum orang berkomitmen,

ada keraguan

kesempatan untuk mundur,

selalu sia-sia

Ketika orang benar-benar berkomitmen...

Tuhan juga bergerak

Segala hal terjadi untuk membantu hal-hal yg tadinya tidak akan terjadi

Serangkaian peristiwa muncul dari keputusan

Memberikan berbagai peristiwa dan pertemuan

serta bantuan materi yang terduga

Yang tak pernah diimpikan orang

Apapun yang dapat kau lakukan atau impikan.

kau dapat memulainya

Keberanian mengandung kegeniusan,

kekuatan

dan keajaiban

Mulailah sekarang.....

(Goethe-Penyair Jerman)

dream and try !

dream and try !

love

musik of the week : EXO K - Baby Don't Cry