welcome ^^

hello, welcome to my blog ^^
this my story and everything i like
enjoyed... \^0^/
Feeds RSS
Feeds RSS

Wednesday, July 4, 2012

KEJUJURAN DALAM MEMBANGUN DAN MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN


Jujur dan Kejujuran
Jujur jika diartikan secara baku adalah "mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran". Dalam praktek dan penerapannya, secara hukum tingkat kejujuran seseorang biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang dengan kebenaran dan kenyataan yang terjadi. Bila berpatokan pada arti kata yang baku dan harafiah maka jika seseorang berkata tidak sesuai dengan kebenaran dan kenyataan atau tidak mengakui suatu hal sesuai yang sebenarnya, orang tersebut sudah dapat dianggap atau dinilai tidak jujur, menipu, mungkir, berbohong, munafik atau lainnya. Dalam membangun sebuah hubungan maka kita perlu untuk jujur agar kita dapat dipercaya oleh orang lain dan tidak membuat orang lain sakit hati karena dibohongi.

Berbuat Jujur untuk Mempertahankan Kepercayaan Orang Lain. .
Menumbuh kepercayaan memang sesuatu yang sulit, terkadang apa yang diktuakan sesorang dengan kebohongan yang disangkakan akan dilakukan seseorang, padahal sangkaan tersebut jauh dari kebenaran. Dan hal ini dipersulit dengan takutnya orang lain akan terulang jika seseorang pernah malakukan sebuah pendustaan pada yang lainnya, tentu saja hal ini akan mempersulit untuk menumbuhkan sebuah kepercayaan.
Banyak orang yang sukses menjadi tangan kanan pebisnis konglomerat mengawali karir dengan memumupuk keparcayaan sang bos pada dirinya. Berapa banyak pula yang harus kandas ditengah perjalanan karirnya karena satu kali kesalahan ia perbuat yang diperparah dengan kesalahan hilangnya rasa percaya seorang majikan.
Begitu besar nilai mempertahankan rasa percaya sesorang pada perbuatan hati dan kemampuan yang kita miliki. Terutama dalam dunia bisnis yang mengelola seuatu yang Vital adalah uang. Pondament perekrutan yang menjadi standar setiap perusahaan tentunya mencari karyawan yang jujur dan memiliki dedikasi kerja yang tinggi.tetapi keitamaan yang jarang terucap adalah kejujuran, meskipun didalam ketidak jujuran bisa saja memecatnya tetap saja kejujuran adalah modal utama
Percaya bukan saja percaya atas tindak tanduk kita tetapi nilai kejujuran atas apa yang dituturkan dari lisan dan kebenaran atas segala bentuk perbuatan. Jika semua unsur tersebut ada mudah mudahan orang akan selalu mempercayai diri. Dan berdampak pada perkembangan diri dalam membuka lapangan usaha meski kekurangan dalam sisi modal, karena kepercayaan orang mungkin siap membantu. Kepercayaan pula yang akan mudahnya personal untuk mencari peluang kerja pada setiap perusahaan.
Adapun cara untuk mempertahankan rasa percaya oleh orang lain terhadap diri sendiri adalah.
1.  Tidak mengharapkan keuntungan dari setiap perbuatan dan bantuan yang kita berikan, tunjukkan sebuah keikhlasan. Sebab kejujuran itu adalah buah sebuah keikhlasan.
2. Jika kita masih yakin orang belum percaya dengan penuh atas tindak tanduk kita, usahakan tidak menampakkan diri untuk dipercayai oleh orang lain.
3.  Tidak pernah menyentuh apapun yang milik orang lain jika tidak ada pemilik berhadapan langsung dengan kita
4.  Tidak pernah berpikir untuk mandapat manfaat besar apabila sebuah kepercayaan orang lain telah tumbuh dalam kehidupan keseharian kita.
Memberikan solusi jitu bila suatu waktu dibutuhkan, sembari mununjukkan bahwa kita juga bisa menjadi orang yang mampu bertindak dalam menghadapi kesulitan


SUMBER PUSTAKA

F.Chay, Dedi. 2009. Berbuat Jujur Untuk Mempertahankan Kepercayaan Orang lain.http://www.dedikincai.ohlog.com/berbuat-jujur-untuk-mempertahankan.oh59772.html. Diakses pada tanggal 7 Maret 2010 di Makassar. 
Wijaya, Albert Hendra. 2010. Kejujuran. http://indonesia.siutao.com/tetesan/kejujuran.php. Diakses pada tanggal 7 Maret 2010 di Makassar


-----00-----

Mempertahankan hubungan yang di maksud postingan di atas tidak hanya tentang menjaga hubungan dengan orang yang kita kasihi saja... tetapi juga lebih kepada bagaimana menjaga hubungan baik dengan setiap orang, termasuk rekan kerja ataupun relasi bisnis. Dalam dunia kerja ataupun dalam bersosialisasi, kepercayaan dan kejujuran adalah 2 hal yang patut ditunjung tinggi. Hubungan yang dibangun atas dasar kejujuran dan kepercayaan seperti apapun bentuknya akan selalu memberikan kebahagiaan. Sebaliknya, hubungan yang dibangun dengan kebohongan dan tanpa adanya kepercayaan hanya akan berakhir dengan rasa sakit hati saja. 

Ayo budayakan perilaku jujur ^^ !!


Postingan ini adalah tugas individu Mata Kuliah Jejaring Komunikasi Bisnis yang saya kerjakan saat semester 4. 



DILARANG KERAS MENCOPY POSTINGAN INI TANPA MENYERTAKAN SUMBER DAN BLOG INI !!

No comments:

Post a Comment

please your comment.... thanks

do something !!

Sebelum orang berkomitmen,

ada keraguan

kesempatan untuk mundur,

selalu sia-sia

Ketika orang benar-benar berkomitmen...

Tuhan juga bergerak

Segala hal terjadi untuk membantu hal-hal yg tadinya tidak akan terjadi

Serangkaian peristiwa muncul dari keputusan

Memberikan berbagai peristiwa dan pertemuan

serta bantuan materi yang terduga

Yang tak pernah diimpikan orang

Apapun yang dapat kau lakukan atau impikan.

kau dapat memulainya

Keberanian mengandung kegeniusan,

kekuatan

dan keajaiban

Mulailah sekarang.....

(Goethe-Penyair Jerman)

dream and try !

dream and try !

love

musik of the week : EXO K - Baby Don't Cry