welcome ^^

hello, welcome to my blog ^^
this my story and everything i like
enjoyed... \^0^/
Feeds RSS
Feeds RSS

Sunday, April 25, 2010

Aktualisasi Diri Melalui Manajemen

-->
1. Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya (Terry,2005)
2. Fungsi Manajemen
Fungsi Manajemen ialah berbagai jenis tugas atau kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.Harold Koontz dan Cyril O’Donnel membagi fungsi manajemen menjadi:
a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengorganisasian)
c. Staffing (Penyusunan Pegawai)
d. Directing (Pembinaan Kerja)
e. Controlling (Pengawasan) (Anonim, 2009)

Fungsi-fungsi manajemen dapat kita jelaskan sebagai berikut:
a. Planning (Perencanaan). Perencanaan membantu manajemen untuk berinovasi dan membangun tim yang produktif, membantu membentuk visi yang terdefinisi dan sasaran yang jelas. (Abeng, 2006))
b. Organizing (Pengorganisasian). Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang teramat penting karena tanpa organisasi yang jelas sulit melakukan proses manajemen unruk membagi tugas-tugas yang ada (Abeng, 2006)
c. Staffing (Penyusunan Pegawai). Staffing berhubungan dengan pembagian tugas berdasarkan sumber daya yang ada.
d. Directing (Pembinaan Kerja). Directing merupakan fungsi manajemen yang berhubungan dengan bagaimana cara menggerakkan kerabat kerja (bawahan) agar bekerja dengan penuh kesadaran tanpa paksaan (Terry, 2005)
e. Controlling (Pengawasan). Suatu proses untuk mengukur atau membandingkan antara perencanaan yang telah dibuat dengan pelaksanaan. Dengan adanya pengawasan ini, diharapkan jangan sampai terjadi kesalahan atau penyimpangan (Anonim, 2009)
3. Pengaktualisasian
Setiap aktualisasi diri yang akan saya lakukan, akan saya bagi menjadi periode-periode dengan jangka waktu lima tahun. Dalam lima tahun di setiap periode, saya akan sisipkan sistem manajemen agar pengaktualisasiannya lebih terarah. Meskipun yang saya tuliskan ini adalah segala cita-cita dan harapan saya, saya berharap saya tidak akan lupa bahwa saya adalah seorang hamba Allah SWT
Perode I (2009-2014)
Peride pertama ini dimulai dari tahun 2009, umur saya 18 tahun. Saat ini saya sedang menjalani kehidupan saya sebagai seorang mahasiswa semester 2 Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Di periode ini saya ingin menyelesaikan kuliah saya tepat 4 tahun, jadi saya harus menjadi seorang sarjana pertanian di tahun 2012 dan saat itu umur saya telah 21 tahun
Selama proses itu berjalan, saya harus menikmati semua masa-masa kuliah saya dengan bahagia. Saya juga harus mendapatkan pengalaman lain dari kegiatan-kegiatan lain selain kegiatan perkuliahan, yaitu dengan menjadi anggota salah satu UKM.
Dalam periode ini, saat berada di semester 4 saya akan mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai salah satu staff di Trans Corporation. Di tahun 2011 saya akan membuka taman baca dan warung internet bersama kakak-kakak saya.
Setelah menyelesaikan S1 di tahun 2012 saya akan segera melanjutkan di S2 di Jepang atau San Fransisco dibidang Ekonomi selama 2 tahun sembari bekerja sebagai konsultan bank di negara tersebut.
Untuk menjalankan semua harapan saya ini, saya membutuhkan sistem manajemen yang baik yang akan diterapkan oleh diri saya sendiri, lalu saya perlu membuat daftar-daftar kegiatan yang akan saya lakukan untuk mencapainya, kemudian saya akan melaksanakan semua kegiatan yang telah saya tetapkan sebagai langkah-langkah untuk mencapai tujuan saya. Saya juga perlu untuk belajar dan mengambil hikmah dari setiap kegiatan saya di periode ini.
Periode II (2015-2020)
Di periode ini, pada tahun 2015 saya merencanakan untuk menikah. Saya juga merencanakan untuk membuka perusahaan agribisnis melon dan pabrik coklat. Pada perusahaan tersebut saya akan menerapkan sistem manajemen seperti yang dilakukan oleh Tanri abeng ketika bergabung di grup Bakrie. Pada periode ini juga, saya akan menyelesaikan program doctor saya. Saya juga akan berangkat haji di periode ini.
Pada periode ini saya juga tidak akan melupakan kodrat saya sebagai seorang wanita. Saya akan mengurus keluarga saya dengan baik meskipun juga menjadi seorang pemimpin perusahaan. Di sini hal paling penting untuk di tanamkan adalah bagaimana saya dapat menerapkan sistem manajemen waktu agar saya bisa menjadi anak, saudara, istri dan ibu yang baik untuk keluarga saya tanpa menghilangkan keprofesionalitas saya di dunia kerja. Saya berharap saya akan memiliki 4 orang anak yang saleh dan cerdas sebagai motivasi dan semangat saya agar saya melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Selain itu, keluarga dapat saya jadikan sebagai motivasi terbesar dan pemberi energy positif terbaik dalam hidup saya dapat menjadi pemimpin yang arif dan bijaksana di perusahaan saya dan di diri saya sendiri.
Saya juga perlu untuk menerapkan fungsi manajemen controlling, agar saya dapat menjadikan setiap pengalaman dan kesalahan saya sebagai guru untuk di mengulangnya di masa yang akan datang.
Periode III (2021-2025)
Dalam periode ini saya akan berumur 31 tahun- 35 tahun. Di umur seperti ini saya sedang sangat menikmati rutinitas saya dan saya akan mendirikkan sebuah yayasan bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat bersekolah.
Saya juga akan berusaha sebisa mungkin agar anak-anak saya mendapat pendidikan setinggi-tingginya tanpa kekurangan sedikit pun. Untuk itu, saya perlu mengatur dan memimpin perusahaan saya dengan manajemen yang lebih baik, agar perusahaan saya dapat berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman. Saya akan menempatkan karyawan-karyawan di perusahaan saya sesuai dengan sumber daya manusia yang karyawan saya miliki. Saya juga perlu untuk memanjemeni waktu-waktu saya agar saya tetap dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik bagi keluarga saya.
Periode IV (2030-2035)
Lima tahun di periode ini saya akan menjadi seorang pengusaha wanita ternama dengan membuka sebuah perusahaan agribisnis melon terbesar dengan cabang di seluruh dunia. Saya bersama rekan-rekan saya di perusahaan perlu untuk melaksanakan segala fungsi manajemen dengan efektif dan efisien. Meskipun demikian, saya juga perlu untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan memilih untuk membuka perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Perusahaan saya akan membuka perkebunanan melon kemudian mengolahnya sehingga saya dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Di sini saya telah menyekolahkan semua anak saya dan mereka telah menjadi anak-anak yang berprestasi dan membanggakan karena saya dapat mengatur waktu antara belajar, bekerja dan menjadi ibu rumah tangga.
Di masa ini saya telah mampu membeli 3 buah rumah besar di luar negeri seperti Inggris, Paris dan Mesir. Saya akan menjadi seserang yang dihargai karena saya dapat menghargai orang lain dan tidak menjadi sombong dan egois. Saya telah menjadi seseorang yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang lain.
Periode V (2035-2040)
Di masa ini saya akan menjadi seorang wanita yang sehat jasmani dan rohani. Saya akan lebih banyak menikmati segala hasil yang telah saya kerjakan selagi muda. Kekayaan saya akan dapat saya nikmati hingga akhir hayat.
Di usia ini saya akan pindah ke rumah saya yang nyaman bersama suami saya dan menikmati kehidupan masa tua kami bersama. Saya akan dikelilingi oleh 10 orang cucu saya. Di masa ini, saya telah mengundurkan diri dari perusahaan dan menyerahkannya kepada anak-anak saya dengan menerapkan fungsi manajemen directing, yaitu mereka dengan senang hati akan membantu saya dan suami saya untuk melanjutkan usaha keluarga kami.
Dalam memimpin perusahaan anak-anak saya dapat menerapkan sistem manajemen dan banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah saya buat di masa sebelumnya. Keluarga adalah motivasi terbesar di dalam hidup kami, selain itu saya dan keluarga saya juga akan senantiasa menerapkan prinsip untuk selalu dapat ,menjadi manfaat bagi orang lain.
Di masa tua saya akan mengurus keluarga saya sepenuhnya dengan kebahagian yang tidak akan pernah menipis. Saya akan bangga menjadi hamba Allah SWT yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain dan mampu berusaha mengatur kehidupan saya. Amin


ya Allah berikan yang terbaik untukku... amin...
Kesimpulan
Berdasarkan atas penjelasan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa:
ü Dalam setiap langkah yang kita pilih untuk mencapai cita-cita, maka di perlukan untuk senatiasa menerapkan sistem manajemen diri, agar kita tidak perlu menyesali banyak kesalahan yang tidak diinginkan.
ü Manajemen tidak hanya dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan, tetapi juga untuk membangun diri kita sendiri.
ü Apapun yang kita inginkan dan kita harapkan tidak akan pernah terwujud jika hanya di ucapkan saja, tetapi dibutuhkan pengaktualisasian, restu dan doa.
ü Meskipun kita berusaha dan berdoa, akan tetapi jika sistem manajemennya tidak dilaksanakan sesuai dengan perencaan, maka tujuan yang akan kita capai akan semakin menghilang
ü Bahagia menjadi pemimpin, tentu banyak orang yang bisa melakukannya Namun bahagia menjadi orang biasa, hanya segelintir manusia luar biasa yang bisa melaksanakannya (Prama, 2006)
ü Seseorang boleh saja pintar, memiliki keterampilan dan motivasi yang tinggi, tetapi kalau secara etik dan moral tidak bisa dipercaya, maka tidak layak disebut professional.
Daftar Pustaka
Abeng, Tanri. 2006. Profesi Manajemen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Anonim. 2009. Fungsi Manajemen, www.e-dukasi.net. Diakses tanggal 10 Februari 2009. Indonesia.
Prama, Gede. 2006. Kebahagiaan yang Membebaskan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Terry, George R. 2005. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

1 comment:

please your comment.... thanks

do something !!

Sebelum orang berkomitmen,

ada keraguan

kesempatan untuk mundur,

selalu sia-sia

Ketika orang benar-benar berkomitmen...

Tuhan juga bergerak

Segala hal terjadi untuk membantu hal-hal yg tadinya tidak akan terjadi

Serangkaian peristiwa muncul dari keputusan

Memberikan berbagai peristiwa dan pertemuan

serta bantuan materi yang terduga

Yang tak pernah diimpikan orang

Apapun yang dapat kau lakukan atau impikan.

kau dapat memulainya

Keberanian mengandung kegeniusan,

kekuatan

dan keajaiban

Mulailah sekarang.....

(Goethe-Penyair Jerman)

dream and try !

dream and try !

love

musik of the week : EXO K - Baby Don't Cry