welcome ^^

hello, welcome to my blog ^^
this my story and everything i like
enjoyed... \^0^/
Feeds RSS
Feeds RSS

Sunday, April 10, 2011

Mengapa Dasar-Dasar Ilmu "Tanah" penting?

bagi-bagi catatanku kuliahku yah...
kuliah perdana Dasar-Dasar Ilmu Tanah
lumayan nih buat pengetahuan awal, apalagi buat yang anak Pertanian
jurusan apapun...
karena di kampusku semua mahasiswa Fakultas Pertanian
harus lulus mata kuliah wajib ini yaitu Dasar-Dasar Ilmu Tanah
so, daripada cuma jadi tumpukan file di folder kuliah laptopku,
mending diposting, sapa tau berguna....




Mengapa Dasar-Dasar Ilmu Tanah penting?? hmmm...

Mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Tanah penting untuk di pelajari bukan hanya karena bagian dari kurikulum, akan tetapi karena tanah sendiri merupakan pemberi kehidupan bagi makhluk hidup di dunia ini yang penting untuk pelajari

Iklim dan organisme merupakan factor yang bersifat aktif, bahan induk-batu dan topografi-bentuk permukaan merupakan factor progresif. Sedangkan waktu bersifat netral. Pelapukan pada bebatuan di dukung oleh senyawa asam. Bahan induk yang dimaksud adalah masam, batuan kapur dan basis. Bagian yang tereduksi terjadi karena kekurangan oksigen akibat terendam air. Terjadi pula penyusutan dan pemuaian karena relief batu yang tidak rata.

Partikel tanah terdiri dari:
```Pasir-sand (S)
```Debu-silt (Si)
```Liat-clay (Cl)

Ukuran partikelnya yaitu:
```Pasir – 0,2-2 mm
```Debu – 0,02-0,2 mm
```Liat - 0,002 mm

Tanah yang terbentuk dari batuan disebut tanah mineral (alfisol). Sedangkan tanah yang terbentuk dari biotik (vegetasi) disebut tanah organic (tanah gambut). Tanah di daerah timur dan tanah di daerah barat cukup berbeda, hal ini dikarenakan adanya perbedaan iklim. Pada Negara-negara barat beriklim subtropis terjadi 4 musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Pada musim dingin pohon-pohon menggugurkan banyak daunnya yang kemudian melapuk, di musim semi daun-daunnya bersemi kembali. Kemudian ketika musim panas, hasil pelepukan daun ketika musim dingin menjadi makanan tumbuhan tersebut di musim panas. Pada musim gugur, pohon-pohon menggugurkan kembali daun-daunnya dan menjadi makanan untuk musim dingin. Hal ini terjadi seterusnya. Pada iklim tropis hanya ada dua musim yaitu hujan dan kemarau, sehingga daun yang melapuk pada musim hujan tidak mampu mencukupi makanan tumbuhan saat musim kemarau sehingga pertanian di daerah tropis banyak menggunakan pupuk.

Ada 3 hal yang membedakan sifa-sifat tanah, yaitu:
```Ekologi
```Iklim (suhu)
```Fisiologi

Pada tanah basah, kadar airnya diatas 50% dan berwarna hitam. Sedangkan pada tanah kering, kadar airnya dibawah 20% dan berwarna sedikit kemerahan



catatannya cuma sampai disitu aja...
masih banyak banget pengetahuan tentang tanah, kapan-kapan mau aku posting lagi deh... hehe
(lah aku kan jurusan sosek bukan tanah?? haha)
catatan ini berdasarkan penjelasan dosenku waktu itu jadi aku nulisnya sesuai yang aku ngerti aja..
mata kuliah yang satu ini salah satu matakuliahku (lintas jurusan) yang paling butuh konsentrasi tinggi, makanya buat lebih paham kami juga ada kegiatan uji atau penelitian mengenai tanah di dalam laboratorium fisika tanah... laporannya juga lumayan (lumayan menguras tenaga,,, hehe)
tapi selebih asik kok....
apalagi masuk semester 6 kek aku sekarang...
baru terasa dah tuh pentingnya mata kuliah ini, dan mata kuliah-mata kuliah dasar lainnya di semester 1-4

dan yang penting... aku dan teman di kampus ternyata bisa nyelesainnya...
banyak manfaat dan kenangannya ^_^















ni bukti otentik dari mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Tanah... hehe
-dokumentasi dulu hehe... foto sama laporan DDIT sebelum ujian lab-
(ada yg bisa jawab?? kenapa kami kompak pake rok??)

No comments:

Post a Comment

please your comment.... thanks

Post a Comment

do something !!

Sebelum orang berkomitmen,

ada keraguan

kesempatan untuk mundur,

selalu sia-sia

Ketika orang benar-benar berkomitmen...

Tuhan juga bergerak

Segala hal terjadi untuk membantu hal-hal yg tadinya tidak akan terjadi

Serangkaian peristiwa muncul dari keputusan

Memberikan berbagai peristiwa dan pertemuan

serta bantuan materi yang terduga

Yang tak pernah diimpikan orang

Apapun yang dapat kau lakukan atau impikan.

kau dapat memulainya

Keberanian mengandung kegeniusan,

kekuatan

dan keajaiban

Mulailah sekarang.....

(Goethe-Penyair Jerman)

dream and try !

dream and try !

love

musik of the week : EXO K - Baby Don't Cry